background image


Sutra Membuat Rupang Buddha

"... Orang-orang yang membuat gambar Buddha, akan memiliki mata terang dan penampilan elegan di kehidupan akan datang; tubuh, lengan, dan kaki terlahir proporsional. Bahkan jika terlahir sebagai dewa/i, dengan mata dan wajah cerah bersinar, kesempurnaan bentuk tubuh mereka melebihi dewa/i lain dari alam manapun. Sesungguhnya memang demikian besar anugerah yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Tempat manapun mereka terlahir akan bebas dari segala keburukan. Perawakan mereka tiada cacat. Ketika mereka meninggal dunia, mereka akan terlahir di alam dewa tingkat Brahma ke-tujuh. Bentuk penampilan mereka luar biasa anggun di mana membuat semua dewa/i menghormati mereka. Sesungguhnya memang demikian besar keberuntungan yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha akan terlahir di keluarga terhormat yang melebihi keluarga lain di dunia; takkan pernah mereka terlahir di keluarga tidak mampu. Sesungguhnya memang demikian besar kebahagiaan yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha akan memiliki bentuk rupa berwarna keemasan pada kehidupan selanjutnya.

Orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha akan terlahir pada kehidupan seterusnya di keluarga sejahtera, dengan kekayaan, uang, dan permata berharga yang berlimpah di luar perhitungan. Mereka juga akan disayangi orang tua, saudara/i, dan relatif mereka. Sesungguhnya memang demikian besar anugerah yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Ketika orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha terlahir di JambudvipaMenurut kosmologi Buddhis, Jambudvipa adalah benua selatan (dunia yang sedang kita tempati ini) dari keempat benua yang mengelilingi Gunung Meru (Mani Kabum, 2007)., mereka akan terlahir baik di keluarga maharaja ataupun keluarga baik-baik. Sesungguhnya memang demikian besar keberuntungan yang diperoleh mereka yang membuat membuat gambar/rupang Buddha.

Orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha akan terlahir pada kehidupan-kehidupan selanjutnya sebagai seorang maharaja yang paling terkemuka dan paling dihormati di antara para raja rajanya. Mereka dipuja sebagai penyokong atau pelindung dari semua penguasa. Sesungguhnya memang demikian besar keberuntungan yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha akan terlahir pada kehidupan mereka selanjutnya sebagai raja pemutar Dharma yang sanggup naik menjelajahi alam-alam dewa dan kembali sehendaknya. Takkan ada yang berada di luar kemampuan mereka. Sesungguhnya memang demikian besar keberuntungan yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha akan terlahir pada kehidupan mereka selanjutnya di alam Brahma tingkat ke-tujuh dengan panjang umur mencapai hingga satu kalpa. Kebijaksanaan mereka tiada tara dan setelah mereka meninggal, mereka tidak akan terlahir di alam rendah. Semasa hidup, mereka senantiasa menjaga perbuatan mereka, memikirkan Buddha demi mencapai Penerangan Sempurna. Sesungguhnya memang demikian besar keberuntungan yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Orang-orang yang membuat gambar/rupang Buddha akan senantiasa mengagungkan para Buddha dan memuliakan kitab suci pada kehidupan-kehidupan mereka selanjutnya. Mereka secara berkesinambungan mengadakan persembahan kepada relik Buddha dengan menghaturkan aneka kain sutra, dupa elok, bunga indah, pelita minyak, dan permata berharga lainnya termasuk harta-harta langka dunia. Setelah kalpa tak terhitung lamanya, mereka akan mencapai Nirvana. Bagi mereka yang beraspirasi mempersembahkan benda-benda berharga kepada para Buddha bukanlah orang biasa tetapi adalah praktisi Buddhis pada kehidupan-kehidupan lampau mereka. Sesungguhnya memang demikian besar keberuntungan yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha.

Besarnya pahala kebajikan yang diperoleh mereka yang membuat gambar/rupang Buddha pada kehidupan-kehidupan mereka selanjutnya adalah tidak terhitung banyaknya. Tidak akan ada waktu yang cukup untuk menerangkan seberapa besar pahala mereka tersebut. Jika total volume seluruh sungai dan samudra dari keempat benua besarSatu dunia terbentuk dari satu Gunung Meru, satu matahari, satu bulan, empat benua besar, dan berbagai laut dan samudera yang mengelilingi mereka masing-masing. Seribu dunia ini membentuk sistem dunia seribu kecil. Seribu sistem dunia seribu kecil ini membentuk sistem dunia seribu menengah. Seribu sistem dunia seribu menengah membentuk sistem dunia seribu besar. Kumpulan dunia-dunia ini biasanya dirujuk sebagai TIGA RIBU SISTEM DUNIA SERIBU BESAR. Keempat benua besar dikuasai oleh empat raja mata angin dan mereka tinggal di pertengahan Gunung Meru (Mani Kabum, 2007). diukur, pahala kebajikan dari membuat gambar/rupang Buddha melebihi ukuran volume tadi sebanyak sepuluh kali lipat. Di manapun mereka terlahirkan, pada kehidupan-kehidupan selanjutnya mereka selalu dihormati dan dilindungi oleh yang lain.

Ibarat selama hujan badai, para pembuat gambar/rupang Buddha telah memiliki penginapan handal sehingga mereka tidak takut pada apapun. Orang-orang ini takkan pernah jatuh ke alam-alam rendah—baik neraka, hewan, atau setan kelaparan—setelah kematian-kematian mereka. Jika ada orang yang merangkupkan kedua telapak tangan dengan penuh ketulusan di depan gambar/rupang Buddha dan berlindung kepada stupa Buddha atau relik Buddha, setelah masa kehidupannya berakhir, selama seratus kalpa mereka tidak akan masuk ke alam rendah neraka, hewan maupun setan kelaparan sekalipun, namun sebaliknya akan terlahir di alam surgawi para dewa. Setelah masa kehidupan mereka berakhir, mereka akan turun ke dunia sebagai putra/i keluarga makmur. Kepemilikan mereka terhadap permata berharga dan harta karun tidak terhitung banyaknya. Akhirnya mereka pasti mencapai ke-Buddha-an (Nirvana).

... Orang-orang bajik yang membuat gambar/rupang Buddha sudah tentu akan menerima anugerah sedemikian besar sesuai dengan penjelasan seadanya yang telah saya sampaikan kepadamu ..."

Pahala Kebajikan
Sutra Teratai
Membangun Buddha
Memandikan Buddha

正體中文
简体中文
English

© 2007-2015
buddhadordenma.org