background picture


pertanyaan umum


JAWABAN

Berapa besar kontribusi yang sebaiknya saya salurkan?

Anda bisa berkontribusi dalam jumlah apapun sesuai dengan keleluasaan Anda. Namun, karena keterbatasan tempat, hanya para sponsor yang mendanai salah satu item kontribusi secara penuh yang berkesempatan menentukan ukiran nama pada lempengan tembaga yang akan dipajang di ruang meditasi.

Top

Sebaiknya saya salurkan kontribusi secara online melalui pembayaran kartu kredit atau secara transfer telegrafik antar bank?

Ada dua sebab kenapa kami lebih memilih Anda mengirimkan dana secara langsung ke rekening kami di Bhutan. Apabila Anda membayar melalui kartu kredit secara online, selang waktu bagi dana Anda untuk mencapai Bhutan adalah lebih lama dibandingkan melalui transfer telegrafik. Kontribusi online harus melewati rekening bank kami di Hong Kong sebelum diteruskan ke rekening di Bhutan. Setelah dikurangi berbagai biaya perantara, dana yang kami terima di Bhutan akan lebih kecil dibanding jumlah kontribusi Anda yang sebenarnya.

Top

Bolehkah nama orang yang masih hidup dan orang yang telah meninggal dunia bersamaan diukir pada satu lempengan tembaga?

Boleh.

Top

Saya berniat melimpahkan jasa kebajikan kepada seluruh anggota keluargaku, berapa jumlah nama maksimal yang bisa diukirkan pada lempengan tembaga?

Demi menyamakan prosedur kerja, maksimal 36 karakter bisa terukir pada lempengan tembaga secara seragam. Anda bisa mengukir sebanyak nama yang Anda inginkan selama tidak melampaui batas total 36 karakter. Untuk karakter yang melebihi batas ini, mungkin Anda bisa mencoba menggantikan nama-nama dengan istilah yang cakupannya lebih luas, misalnya NAMA LENGKAP & KELUARGA.

Top

Apakah beda antara menyalurkan kontribusi terhadap Proyek Buddha Dordenma dengan menyalurkan bantuan kepada orang kurang mampu?

Secara utama, ada dua sudut pandang utama. Dari sudut pandang seorang pendonor, seseorang membutuhkan sejumlah kebajikan untuk memungkinkan dia memupuk kebajikan yang lebih banyak. Dukungan Anda sebelumnya terhadap berbagai kegiatan amal mungkin telah membuahkan Anda suatu benih (kondisi awal) yang terkandung dalam Proyek Buddha Dordenma untuk pencapaian kebahagiaan (kondisi akhir) selanjutnya.

Bayangkan, dengan dukungan Anda terhadap proyek ini, Anda memungkinkan ratusan ribu orang, termasuk mereka dari 3.000 vihara di Bhutan, untuk berkumpul dan mengadakan upacara doa besar bagi kebaikan semua makhluk. Bahkan setelah Anda meninggalkan dunia manusia ini, para generasi mendatang yang tak terhingga jumlahnya tetap bisa berdoa, bermeditasi, menjangkau sifat kebuddhaan mereka sendiri, dan memupuk kebajikan di kawasan Buddha Dordenma selama ribuan tahun mendatang. Dengan jumlah partisipan yang luar biasa besar ini, jasa kebajikan bisa dilimpahkan kepada semua makhluk tak terhingga di enam alam (dewa, asura, manusia, hewan, setan kelaparan, makhluk neraka). Berkat dukungan para kontributor proyek Buddha Dordenma sebelumnya, Buddha Dordenma bisa mendatangkan berbagai manfaat bagi semua makhluk. Alhasil, pahala kebajikan yang diperoleh para kontributor (termasuk Anda) akan senantiasa berlipat ganda seiring dengan kebajikan yang ditimbulkan akibat keberadaan Buddha Dordenma selama kurun waktu yang tak terhingga lamanya.

Dari sudut pandang penerima, prinsip memberi-menerima sangat berperan. Ketika seseorang menerima bantuan dalam bentuk maupun jumlah apapun, ia telah sedang mempergunakan kebajikan yang sedang dimilikinya, yang bersumber dari kebajikan memberi sebelumnya. Menyumbangkan dana kepada pihak yang membutuhkan tidak akan menyelesaikan permasalahan mereka. Justru dorongan mereka sendiri untuk memberi akan menyelesaikan permasalahan mereka. Kenapa demikian? Sebab mereka menerima bantuan kita adalah kebajikan yang mereka miliki. Setelah kebajikannya habis, mereka kecil kemungkinan akan bertemu dengan kesempatan menerima bantuan. Karena dorongan karma negatif yang berat, seseorang kecil kemungkinan bisa berhasil mengubah hidupnya sendiri. Oleh sebab itu, dalam memupuk kebajikan, janganlah kita menunggu hingga masa matang karma negatif telah tiba.

Top

Awalnya bagaimana ide Proyek Buddha Dordenma sempat terinspirasikan?

Proyek Buddha Dordenma adalah kegiatan yang dijalankan untuk memenuhi ramalan terdahulu dalam suatu termaHarta karun berharga yang disimpan untuk ditemukan kembali oleh para titisan makhluk suci atau terton.
Mungkinkah Anda salah satunya?
dari Guru Padmasambhava, pendiri ajaran Vajrayana Buddhisme yang terlahir dari teratai.

Top

Siapakah Guru Padmasambhava?

Guru Padmasambhava ialah guru tantra pelopor Buddhisme Vajrayana (Tantrayana) yang dilahirkan dari teratai (padma berarti "bunga teratai"; sambhava berarti "lahir dari"). Beliau mewujudkan keempat tingkatan vidyadhara dan menyimpan harta Dharma di Tibet, Nepal, dan Bhutan. Harta-harta ini bakal ditemukan pada masa mendatang oleh para murid yang telah ditetapkan sebelumnya. Saat ini Guru berdiam di puncak Gunung Berwarna Tembaga pada benua tenggara. Pemunculannya telah diramalkan oleh Buddha Shakyamuni di dalam berbagai sutra dan tantra, seperti kutipan berikut:

Dari Sutra Dewi Tak Bercela:

"Kegiatan dari segala pemenang sepuluh mata angin
Akan berkumpul ke dalam satu bentuk,
Seorang anak Buddha, yang akan meraih pencapaian yang mengagumkan,
Seorang guru yang mewakili kegiatan Buddha,
Akan muncul di bagian barat laut Uddiyana."

Guru Padmasambhava juga diramalkan di dalam Sutra Rahasia Tak Terbayangkan:

"Sebuah perwujudan para Buddha dari tiga masa,
Dengan perbuatan mengagumkan pada Zaman Keemasan Dharma,
Akan muncul sebagai seorang vidyadhara
Di tengah bungai teratai yang menakjubkan."

Tantra Samudra Kegiatan Garang menyatakan:

"Seorang pemegang rahasia dari semua Buddha,
Raja perbuatan murka yang tidak bisa dihancurkan,
Sebuah bentuk keajaiban tanpa ayah atau ibu,
Akan muncul sebagai seorang vidyadhara
Di Danau Kosha Uddiyana."

Sutra Nirvana, Buddha berkata:

"Dua belas tahun setelah Saya parinirvana,
Seseorang yang unggul dibanding siapapun
Akan muncul dari kepala sari sebuah bunga teratai
Di Danau Kosha tak bercela
Pada perbatasan barat laut negara Uddiyana."

Sutra Ramalan di Magadha, Buddha juga berkata:

"Saya meninggal dunia demi membasmi pandangan kekekalan.
Tetapi dua belas tahun dari sekarang, untuk menghapus pandangan nihilisme,
Saya akan muncul dari sebuah teratai di Danau Kosha tak bercela
Sebagai seorang putra untuk membahagiakan raja
Dan memutar roda Dharma dengan makna esensi tiada bandingan."
Top

Apakah yang dimaksud dengan Buddha Dordenma menyimbolkan kekuatan tiada bandingan?

Buddha Dordenma bukan didirikan untuk keperluan pajangan tetapi penganugerahan berkah, kedamaian, dan kebahagiaan kepada seluruh penjuru dunia. Seperti yang terlihat pada struktur konfigurasinya yang unik, lebih dari ratusan ribu rupang Buddha akan disusun di dalam interior Buddha setinggi 200.6 kaki. Semua rupang dilapisi emas 24K dan masing-masing akan berisikan lima jenis relik suci, mantra, dan bahan berharga lainnya. Pengisian ini ditujukan untuk memenuh rupang dengan energi positif Buddha sehingga penghunian rupang oleh makhluk halus terhindari.

Top

















简体中文
正體中文
B. Indonesia

© 2007-2015
buddhadordenma.org